Pengertian VLAN, Jenis VLAN, Cara Kerja VLAN dan sebagainya.

Posting Komentar

Pengertian VLAN

VLAN (Virtual Local Area Network) adalah model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik, seperti LAN. Hal ini menjadikan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus mengikuti lokasi fisik peralatan jaringan.

Penggunaan VLAN membuat jaringan menjadi lebih fleksibel, dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen tanaoa bergantung pada workstation.

Cara Kerja VLAN

VLAN bekerja pada layer 2. Semua informasi yang mengandung pengalaman sesuatu VLAN (tagging) disimpan pada suatu database.
Untuk mengaturnya harus menggunakan switch manageable. Switch inilah yang memiliki fungsi untuk untuk menyimpan konfigurasi suatu VLAN.
Switch juga akan menentukan kemana data akan dikirim dan sebaginya atau dapat juga menggunakan bridging software untuk menandai VLAN dan workstationnya.
Jika diperlukan, untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.

Jenis-jenis VLAN

  1. Berdasarkan Port
  • Penomoran pada suatu VLAN dapat dibedakan berdasarkan Port. Sebagai contoh seperti pada switch managable yang memiliki 4 port maka port 1,2 dan 4 adalah VLAN 1 dan port 3 adalah VLAN 2
  • Jenis VLAN ini memiliki kelemahan yaitu user tidak bisa berpindah-pindah sehingga jika ingin mengganti user, administrator harus konfigurasi ulang.
  1. Berdasarkan MAC Address
  • Penomoran pada VLAN didasarkan MAC Address berbeda dalam setiap workstation/komputer yang digunakan user. Switch mendeteksi semua MAC address pada setiap VLAN. MAC Address adalah NIC yang dimiliki oleh setiap workstation.
  • Kelebihannya adalah tidak perlu konfigurasi ulang bila user berpindah. 
  • Kekurangannya adalah setiap workstation harus dikonfigurasi masing-masing secara manual sehingga bila ada banyak workstation maka cara ini tidak efektif.

Perbedaan VLAN dan LAN

  • LAN (Local Area Network) dibatasi oleh lokasi fisik dari workstation/komputer berbeda dengan VLAN atau Virtual Local Area Network tidak dibatasi oleh lokasi fisik.
  • Kelebihan VLAN adalah setiap komputer bergabung dalam satu VLAN sehingga sesama user dapat saling terhubung walaupun berbeda tempat.


Related Posts

Posting Komentar